Tips Agar Maag Tidak Kambuh Saat Puasa

By | 05/06/2017

Tips Agar Maag Tidak Kambuh Saat Puasa – Bagi orang yang mempunyai penyakit maag sedikit resah ketika menjalankan ibadah puasa. Karena salah mengonsumsi makanan bisa menyebabkan sakit lambung itu semakin parah.

Tips Agar Maag Tidak Kambuh Saat Puasa

Saat sakit maagnya kambuh, anda merasakan sakit hingga ke dalam ulu hati yang memberikan efek serasa ingin selalu muntah. Hingga pada akhirnya membuat anda harus bolos melakukan ibadah puasa ketika asam lambungnya kumat.

Jika anda memiliki maslah asam lambung, apalagi sudah sejak lama, anda harus pintar pintar menyiasati bagaimana caranya mencegah asam lambung kambuh, apalagi di saat bulan puasa. Nah beberapa tuips ini semoga bisa membantu .

Berikut tips yang bisa menjadi referensi anda mencegah asamlambung kumat :

1. Saat berbuka mulailah dengan minuman yang hangat. Hal ini memberikan kesempatan bagi lambung untuk beradaptasi pada suhu setelah 12 jam berpuasa.

2. Menahan godaan untuk enggan mengonsumsi makanan yang bersifat pedas dan asam.
Makanan semacam ini justru akan mendongkrak asam pada lambung.

3. Minum obat secara teratur saat setelah berbuka, menjelang tidur, dan saat menyantap sahur.
Bagi anda yang susah meminum obat, madu merupakan salah satu cara terbaik.

4. Perasan jeruk nipis juga baik untuk diminum ketika perut masih kosong.

Membicarakan makanan, saat berbuka biasanya akan ada banyakmenu yang bisa d santap. namun utnuk penderita maag atau penderita asam lambung harus bisa memilahnya, Ada banyak makanan yang bisa disantap selagi perut kosong. Namun, ada pula makanan yang tidak boleh disantap saat perut masih kosong. Nah bagi Anda yang memiliki masalah dengan lambung, berikut adalah makanan tinggi asam yang tidak boleh dimakan saat perut masih kosong, seperti dilansir Boldsky.

1. Minuman bersoda

Minuman bersoda tinggi asam dan bila tercampur dengan asam lambung akan menimbulkan masalah kesehatan seperti mual dan kembung.

2. Tomat

Ketika tomat dimakan sewaktu perut kosong, asam yang terkandung dalam tomat akan bereaksi dengan asam pencernaan dalam perut. Hal itu akan membentuk gel larut yang kemudian dapat menyebabkan kalkulus perut, yang juga dikenal sebagai batu perut.

3. Alkohol

Alkohol tidak boleh dikonsumsi saat perut masih kosong. Sebab, mengonsumsi alkohol pada waktu perut kosong dapat membakar lapisan usus.

4. Makanan pedas

Suka pedas? Namun jangan pernah menyantap makanan pedas saat perut masih kosong. Makanan pedas bisa memicu asam lambung naik dan membuat lambung terasa perih.

5. Kopi

Bagi Anda pecinta kopi, sebaiknya jangan minum kopi saat perut kosong. Kandungan kafein dalam kopi dapat memicu kenaikan asam lambung. Jadi, cara terbaik untuk mencegah asam lambung naik saat minum kopi, adalah dengan terlebih dulu minum segelas air sebelum minum kopi.

6. Teh

Sama seperti kopi, teh juga mengandung kafein. Jadi jangan mengonsumsinya saat perut masih kosong. Teh tinggi asam dan itu bisa melukai lapisan perut Anda.

Inilah enam makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut masih kosong. Bila maag Anda kambuh, pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman di atas. Itu bisa memperparah kondisi Anda.

Tips Agar Maag Tidak Kambuh Saat Puasa

Suatu kebahagiaan dan keberkahan bagi umat muslim dapat menjalankan ibadah puasa dalam keadaan sehat. Sebab ketika kondisi tubuh sehat, puasa pun akan berjalan dengan lancar. Ironi saat ada sebagian orang khawatir menjalankan puasa justru membuat penyakit yang diderita kambuh. Contohnya penderita sakit maag. Sebab penderita penyakit ini pada umumnya kondisi perut tidak boleh kosong.

Lalu bagaimana supaya puasa tetap lancar sebulan penuh bagi penderita sakit maag?

Dilansir dari buku Sehat dan Bugar Selama Puasa dan Ramadan, karangan Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan, Universitas Diponegoro, Prof Dr. dr Anies memberikan beberapa tips puasa bagi orang yang mempunyai penyakit maag.

1. Wajib makan sahur.

Untuk mencegah lambung kosong dan menyiapkan energi esok hari, penderita maag harus makan sahur. Tak lupa juga minum obat maag setelah makan sahur.

2. Menyegerakan saat berbuka.

Ketika mendengar adzan maghrib berkumandang segera berbuka karena perut sudah kosong dalam beberapa jam. Santap minuman manis dan hangat, lalu makan makanan ringan manis seperti kurma. Makanan tinggi glukosa akan mudah diserap sehingga tidak meningkatkan asam lambung. Agar lambung tidak kaget sebaiknya tidak langsung makan nasi.

3. Makan secukupnya.

Bagi penderita maag dianjurkan untuk makan secukupnya supaya dinding lambung berkontraksi dengan rileks. Selain itu agar menghidari peregangan dinding lambung yang berlebihan.

4. Hindari tidur setelah sahur.

Setelah makan langsung tidur dapat meningkatkan sekresi asam lambung serta gerak peristaltik pankreas. Oleh sebab itu, proses pencernaan berjalan lebih cepat ketika tidur. Sehingga penderita maag akan merasa lapar saat bangun tidur.

5. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Untuk mencegah penyakit maag tidak bertambah parah, ada beberapa jenis makanan yang mesti dihindari oleh penderita maag di antaranya, kopi, makanan pedas, makanan asam, makanan berlemak seperti gorengan dan jeroan karena lemak akan sulit dicerna sehingga membebani lambung. Selain itu, hindari minuman beralkohol, cokelat, keju, makanan yang mengandung merica. Terakhir yakni makanan yang mengandung gas seperti kubis, nangka, sawi, kismis dan kacang-kacangan karena bisa membuat kembung

6. Konsumsi obat secara teratur.

Selama bulan Ramadan, penderita maag dapat mengubah jadwal minum obat menjadi saat sahur, berbuka dan sebelum tidur. Untuk itu pastikan sediakan obat maagnya yang rutin di konsumsi setiap hari agar maag dan asam lambung tidak kambuh, informasi obatnya bia lihat disini >> Obat maag 

by : Obat kista Bartholin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *