7 Pemeriksaan Medis yang Perlu diLakukan Sebelum Menikah

By | 04/01/2017

Menikah adalah sunah rosululloh Saw, sebagai pelerai maksiat, menghindari seks bebas, memperbanyak keturunan, menjaga kesehatan seksual, dan masih banyak lagi. Tapi sebelum memasuki jenjang pernikahan atau hari pernikahan ada banyak hal loh yang perlu di lakukan, di perhatikan dan di jaga, bukan hanya soal kecantikan dan berat badan agar gaun pengantinnya cukup 😀 . Tapi masalah lain, salah satunya ini KESEHATAN PRA NIKAH, ini penting loh, sebelum menikah mengetahui bagaimana kesehatan dari masing masing pasangan, nah kra kira pemeriksaan apa aja ya yang musti dilakukan sebelum menikah ??

7 Pemeriksaan Medis yang Perlu diLakukan Sebelum Menikah

Tidak hanya wanita ya yang harus melakukan cek kesehatan, prianya juga lohh. Tujuannya agar tidak terjadi masalah kesehatan setelah menikah, seperti masalah kehamilan, kesehatan seksual, penyakit bawaan, alergi, dan lain sebagainya deh, daripada lama lama, mending simak langusng yu 7 Pemeriksaan Medis yang Perlu di Lakukan Sebelum Menikah.

  1. Segala pemeriksaan Darah
    Berupa pemeriksaan laju endap darah atau yang dikenal juga hematologi rutin (complete blood count) untuk mengetahui kesehatan individu secara umum dengan memeriksa komponen darah untuk mendeteksi kondisi anemia, leukemia, reaksi inflamasi dan infeksi, penanda sel darah tepi, tingkat hidrasi dan dehidrasi, polisitemia pada individu. Selain itu, pemeriksaan hematologi rutin juga bertujuan untuk mengetahui adanya risiko melahirkan keturunan dengan thalassemia dan hemofilia, namun juga perlu diperkuat dengan pemeriksaan hemoglobin HPLC, ferritin, dan badan inklusi HbH serta hematologi faal hemostasis.
  2. Pemeriksaan Golongan Darah
    Pengetahuan tentang golongan darah pasangan Anda adalah penting sebelum menikah karena rhesus isoimunisasi / darah kelompok ketidakcocokan yang mempengaruhi janin. Tes ini mudah dilakukan dan hasilnya biasanya siap dalam waktu 30 menit. Golongan darah ditugaskan untuk individu sebagai A, B, O dan AB dengan komponen lain yang dikenal sebagai faktor Rhesus yang disebut sebagai positif atau negatif. Wanita dengan golongan darah negatif rhesus menikah dengan rhesus suami positif memiliki kesempatan lebih besar ketidakcocokan rhesus mana ibu menghasilkan antibodi (sistem pertahanan tubuh) untuk menargetkan sel-sel darah merah janin tumbuh (rhesus janin positif) menyebabkan kematian intrauterin dan keguguran. Pengetahuan tentang golongan darah pasangan Anda akan memberitahukan dokter Anda untuk melembagakan tindakan pencegahan yang digunakan untuk mencegah reaksi ketidakcocokan rhesus selama kehamilan.
  3. Pemeriksaan Urin
    Pemeriksaan ini ditujukan untuk mengetahui penyakit metabolik atau sistematik serta mengetahui apakah adanya gangguan ginjal
  4. Pemeriksaan kadar Gula Darah
    Meminimalisir terjdinya diabetes, yang mana penyakit ini bisa sangat mengganggu di saat seorang wnita akanhamil atau sedanghamil nantinya.
  5. Deteksi Hepatitis B ( HBsAG)
    Untuk mengetahui apakah masing masing pasangan memiliki msalah dneganpenyakit ini , atau ada virus yang bisa menyebabkanpenyakit ini pasca menikah, mencegah penularan penyakit HBsAG, menccegah msalah kehamilan, dan lain sebagainya
  6. Detekni Infeksi Menular
    Ada beberapa penyakit menular yang harus di waspadai, PMS ( penyakit menular seksual ) seperti sifilis, gonore, dan lain sebagainya yang bisa menular pada padangan, dan bisa membahaykan bayi saat melahirkan
  7. Pemeriksaan penyakit penyebab kelainan selama masa kehamilan
    Setlah menikah pastinya masalahkehamilan, dilakukan pencegahan adanya virus aau infeksi yang dapat mengganggu kehamilan, kuman Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (TORC) berdasarkan aktivitas imunitas humoral IgG sebagai penanda infeksi. Infeksi akut TORC pada saat hamil atau di atas 4 bulan sebelum hamil akan berisiko pada kehamilan berupa keguguran, bayi lahir prematur, dan dapat juga menyebabkan kelainan janin.

7 Pemeriksaan Medis yang Perlu diLakukan Sebelum Menikah diatas sangat penting di lakukan, yang sebentar lagi au menikah jangan lupa kalukan test ini ya, dan saya doakan semoga jadi keluarga yang sakinah mawaddah danwaroohmah, denganakhir ending memiiki keturunan yang soleh solehah…

sumber >> halosehat.com dan Obat kista bartholin